.
AssalĂ mu ‘alaikum wr.wb.

Pembaca setia yang dikasihi Allah..

Tak asing lagi di telinga kita, bahwasanya bacaan basmalah (bismillahi ar rahmani ar rahimi) adalah kalimat yang seringkali dibaca oleh seseorang yang hendak memulai suatu aktivitas / tindakan.

Namun, apakah sobat semua tahu, apa sih makna daripada bismillah tersebut?

Jika diartikan secara letterlek bahasa, bismillah artinya “dengan (menyebut) asma Allah.” Akan tetapi, jika diartiakan secara maknawi/ haqiqi, bismillah merupakan “kalimat ikhlas.”

Bagaimana tidak?

Seseorang yang mengawali amal/ tindakannya dengan bismillah yang artinya “dengan (menyebut) asma Allah,” adalah berarti seseorang tersebut telah benar-benar rela bahwasanya setiap amalnya tersebut diatasnamakan kepada Allah, bukan atas nama dirinya sendiri. Atau bisa dikatakan bahwa amal baiknya tersebut adalah semata-mata mewakili af’al Allah, bukan untuk memakili dirinya sendiri.

Hal tersebut, sama artinya bahwa setiap amal kebaikan seseorang tersebut atas dasar “lillahi ta’ala” (semata-mata karena Allah ta’ala) dan bukan karena diri sendiri atau pun yang lainnya.

Oleh karena itu, jika kita telah memahami makna kalimat basmalah, setidaknya kita mau berlatih untuk tidak sekedar mengucapkannya dengan lisan, tetapi juga berlatih untuk meresapi makna daripada kalimat bismillah tersebut. Sehingga terbitlah keikhlasan dalam hati kita setiap kali beramal shalih.

Di samping itu, hanya kepada orang-orang yang ikhlas lah iblis tidak mampu menggodanya untuk menyesatkannya dari jalan yang lurus.

Mungkin cukup sampai di sini dulu postingan mengenai MEMAHAMI HAKEKAT BISMILLAH.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita memahami ayat-ayat-Nya aamiin..

WassalĂ mu ‘alaikum wr.wb.
.

Facebook Comments